SKILL & WISDOM dalam PERDAGANGAN SAHAM

Untuk belajar teknik perdagangan saham, Anda bisa dengan membaca, diskusi, dan mengikuti pelatihan dengan topik ANALISIS TEKNIKAL, serta menambah ”jam terbang” Anda. Dengan cara belajar itu, SKILL Anda akan meningkat.

Namun apakah SKILL saja cukup? JELAS TIDAK.

Kenapa? Karena analisis teknikal tidak akan berhasil 100%. Sudah banyak peneliti profesional di bidang bursa saham melakukan simulasi/riset tentang penggunaan analisis teknikal di berbagai bursa, baik Bursa China, Eropa, Singapura, Australia, dan US. Hasilnya, TINGKAT KEBERHASILANNYA HANYA 50%-70%.

Bukankah sama saja dengan tebak koin? Memang frekuensi keberhasilannya hanya 50%, namun saat sinyal gagal menghasilkan sedikit rugi, dan saat berhasil cenderung menghasilkan banyak keuntungan. Inilah kegunaan utama analisis teknikal dalam strategi perdagangan saham kita JIKA KITA MELAKUKANNYA DENGAN BENAR.

Kenyataannya?

Banyak dari pelaku pasar TIDAK DISIPLIN. Naik sedikit, saham dijual, saham turun, disimpan terus. Padahal sudah menggunakan analisis teknikal, tapi tidak disiplin menjalankannya.

Jadi, apalagi selain SKILL? Kita semua butuh WISDOM.

WISDOM ini termasuk membuat dan menjalankan Trading Plan dengan penuh kedisiplinan, keinginan untuk memperbaiki diri, kerendahan hati, kesabaran & ketenangan berpikir dan mengambil keputusan.

Sikap untuk tidak mudah terintimidasi oleh monitor perdagangan saham ataupun ”kecanduan” melihat monitor sehingga kita terpicu overtrading juga merupakan bagian dari WISDOM.

Sabtu ini (dan Minggu) kami mengadakan PELATIHAN ANALISIS TEKNIKAL, yang lebih banyak menekankan pada SIMPLE TECHNICAL ANALYSIS (Penggunaan yang sederhana namun powerful). Kenapa ini kami perlu sampaikan? Karena ada misconception bahwa semakin metode analisis SULIT hasilnya semakin BESAR. Benarkah itu?

Bagaimana jika Anda pernah mengikuti pelatihan sejenisnya? Pelatihan ini bisa digunakan sebagai ”charger” bagi skill & wisdom dalam perdagangan saham Anda. Manusia bukan mahluk yang konsisten 100% rasional dan bisa tetap berada pada jalur secara konsisten. Dengan mengikuti pelatihan ini, Anda bisa merefresh apa yang sudah Anda miliki. Setidaknya pelatihan ini diharapkan akan bisa memotivasi Anda untuk selalu berada di ”jalur yang ideal”.

Keputusan di tangan Anda dan Apapun keputusan Anda, Saya yakin itulah yang terbaik.

Dedhy Sulistiawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s