3 Fase dalam UPTREND: Akumulasi/distribusi, Partisipasi Publik, dan Kepanikan (overreaction)

Setiap trend, baik naik atau turun, memiliki 3 fase, yaitu fase akumulasi/distribusi, fase partisipasi publik, dan fase kepanikan.

Dalam artikel ini yang dibahas adalah dalam konteks BULL MARKET.

Fase Akumulasi

Fase dimana informed investors ataupun pihak yang banyak org sebut sebagai BANDAR mulai masuk di pasar. Biasanya ini adalah akhir dari down trend. Pada masa ini yg terjadi di pasar adalah banyaknya BAD NEWS yang beredar, sehingga kebanyakan peserta pasar akan

Fase Partisipasi Publik

Dalam fase ini, sentiment negative mulai berakhir. Muncul banyak berita bagus di pasar. Mulai ada berita pertumbuhan ekonomi, peningkatan laba dan sejenisnya. Berita-berita ini menstimulasi investor kebanyakan membeli pada harga lebih tinggi dibandingkan fase sebelumnya. Ini adalah fase awal uptrend jika dilihat menggunakan indikator trend.

Fase Overreaction

Partisipan di pasar mulai PANIK BELI, karena hamper tidak ada berita di pasar yang membuat mereka berinisiatif untuk menjual saham. Partisipan yang sebelumnya tidak yakin akan berita bagus ini mulai ikutan membeli. Mereka “berimajinasi” bahwa good news di berbagai media massa akan menaikkan harga saham mereka.

Disisi lain pada BANDAR dan trader yang berpengalaman & memiliki pengetahuan akan mulai merealisasi GAIN mereka. PAda fase ini kenaikan mungkin akan sangat cepat dalam satu hari, namun kebalikannya, jika terjadi pembalikan arah, pergerakannya juga sangat cepat.

dalam banyak kasus, kerugian terbesar dari pembalikan trend ini dialami oleh NEW COMERS dan Investor (yang mengaku pengalaman namun tidak memiliki pengetahuan apapun tentang perdagangan saham).

Bagaimana dengan Anda?

(Dedhy Sulistiawan)


One thought on “3 Fase dalam UPTREND: Akumulasi/distribusi, Partisipasi Publik, dan Kepanikan (overreaction)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s