Rekomendasi saham – Perspektif saya

Menurut saya, rekomendasi saham yang baik adalah rekomendasi yang mempertimbangkan reward>risk.

Untuk stock trader, rekomendasi tidak harus setiap hari, karena sinyal hari sebelumnya bisa berlanjut ke hari-hari berikutnya.

Tujuan utama rekomendasi bukan untuk memperbanyak jumlah transaksi (yang hanya meningkatkan biaya komisi & risiko pergerakan harga), namun untuk mendapatkan profit.

Gunung jika dilihat dari jauh, akan terlihat keindahannya namun jika terlalu dekat (kita berada di gunungnya sendiri) kita tidak bisa menikmatinya. Begitu pula dengan grafik harga saham. Informasi bid/offer bisa membuat kita bias karena kita terlalu dekat dengan market dan membuat kita OVER TRADING + SELLING WINNER TOO SOON.

Jika horison perdagangan kita terlalu pendek (setiap hari) maka kita akan cenderung overtrading. Dalam bullish trend seperti ini, sebaiknya kita jangan terlalu cepat mengambil keputusan SELL, kecuali ada sinyal kuat yang menyatakannya.

Kebalikannya, dalam bearish trend kita sebaiknya juga jangan mengambil keputusan BUY kecuali ada sinyal kuat yang menyatakannya.

Semoga renungan ini membawa kebaikan bersama bagi kita semua.

3 thoughts on “Rekomendasi saham – Perspektif saya

  1. Tulisan yang menarik, untuk membangun psikologi trader/investor yang lebih baik.

    Pak ISX, tolong someday menulis tentang risk and reward dong.., banyak disinggung dibeberapa milis, tapi saya yakin banyak pemula yang belum tahu konsep dasar dan perhitungannya.

    Katanya risk and reward bisa dijadikan patokan juga untuk enter dan exit suatu saham (stock). Apa juga kaitannya stock itu terhadap index atau sectornya..

    Sukses selalu dan terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s