WAKTU YANG SANGAT BERHARGA

(dupublikasikan di SINDO 2 Maret 2009 – Dedhy Sulistiawan)

Suatu ketika ada seorang bangsawan membuat lomba menghabiskan uang. Peserta yang menghabiskan uang paling cepat adalah pemenangnya. Setiap peserta diberi uang Rp 100.000.000 dan harus habis dibelanjakan pada hari itu juga. Menariknya, barang hasil pembelanjaan akan menjadi milik peserta. Jika uang peserta belum habis, maka uang itu akan diminta kembali. Ketentuan lomba ini jelaslah sangat menarik, karena peserta lomba akan menjadi orang yang sangat royal.

Peserta pertama ditempatkan di kota besar, peserta kedua di kota kecil, dan selanjutnya peserta ketiga ditempatkan di sebuah desa yang jauh dari kota. Hasil perlombaannya, semuanya berhasil menggunakan uangnya sampai habis. Mereka berhasil memanfaatkannya dengan baik.

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda berada dalam keadaan seperti itu, apakah yang Anda lakukan? Pastilah Anda akan menggunakan uang tersebut secara efektif, dan berusaha jangan sampai uang itu menjadi hangus dan harusdikembalikan.

Selanjutnya, bagaimana dengan waktu yang kita miliki? Setiap orang di dunia ini memiliki waktu yang sama, yaitu 24 jam atau 1440 menit dalam satu harinya. Apa saja yang dilakukan oleh setiap orang dalam satu hari? Sama seperti cerita di atas, setiap manusia memiliki waktu 24 jam dan dia harus menghabiskannya adalam satu hari. Semua orang pasti bisa menghabiskannya, karena keesokan harinya waktu itu sudah ‘hangus’, dan Anda harus memulai hari baru, begitu dan seterusnya.

Apakah kita ingin menginvestasikan waktu Anda sehingga di masa mendatang kita lebih banyak memiliki nilai tambah? Atau apakah kita hanya ingin menghabiskan waktu Anda saat ini untuk bersenang-senang atau hanya tidur saja? Semua itu pilihan Anda. Namun yang pasti, jika kita hanya tidur, maka kita hanya akan menjadi tua dan beruban, sedangkan jika kita menginvestasikan waktu untuk hal yang positif, Anda akan menjadi manusia yang lebih baik, baik secara finansial, kebijaksanaan dan pengetahuan. Semakin Anda menjadi lebih baik, makin banyak orang yang akan mendapatkan manfaat dari keberadaan Anda, setidaknya setiap dari kita ingin menjadi teladan dan inspirasi bagi orang-orang di sekitar kita, terutama anak-anak kita.

Orang-orang hebat dari Donald Trump, Warren Buffet, Bill Gates, Mother Teresa, Henry Ford, Soekarno, sampai dengan Gus Dur mereka telah menginvestasikan waktu mereka dengan sangat berharga, bukan hanya bagi diri mereka sendiri, namun juga bagi orang lain. Mereka sama dengan orang rata-rata yang hanya memiliki waktu 24 jam, namun mereka menjadi berbeda dengan orang rata-rata karena mereka tahu bagaimana memanfaatkan waktu dengan baik. Apakah kita semua akan mendengar nama besar mereka, jika mereka hanya menghabiskan waktu untuk tidur dan tidak melakukan apa-apa? Saya yakin tidak.

Benyamin Franklin pernah menyatakan waktu adalah inti dari kehidupan. Jika Anda mencintai kehidupan Anda, maka gunakan waktumu dengan baik. Begitu pula dengan Henry Ford. Ia pernah berkata, ‘Menurut pengamatan saya, kebanyakan orang maju karena mereka menggunakan waktu yang justru disia-siakan oleh orang lain.’ Pertanyaan utamanya adalah, apakah kita sudah benar-benar memanfaatkan waktu yang sangat berharga bagi kita dan organisasi kita?

Apapun jawabannya, guru bijak pastilah akan menyarankan supaya kita mulai dari sekarang menginvestasikan waktu kita, dimulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Gunakan waktu dengan baik, pastilah kita akan memiliki kebiasaan menjadi orang hebat dan sukses.

Untuk jadi sukses, hebat atau menjadi pahlawan, tidak perlu selalu harus dikenal banyak orang. Bukan masalah kita akan menjadi orang seperti Bill Gates atau Bung Karno atau Mother Teresa, yang penting Anda bisa memulai menjadi pahlawan dan orang sukses bagi anak Anda, orang tua Anda ataupun lingkungan Anda.

Sekali lagi, bukan masalah Anda berada dimana, masalahnya adalah bagaimana Anda menggunakan waktu untuk mengisi kehidupan Anda. Percayalah, hanya waktu yang sangat berharga ini yang bisa membuktikan bahwa Anda layak dapat BINTANG!!!

“Investasikan waktu Anda sebelum menginvestasikan uang Anda”

One thought on “WAKTU YANG SANGAT BERHARGA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s