Technical Analysis: My Point of View

Analisis teknikal adalah analisis yang mempelajari reaksi pasar dengan menggunakan grafik. Analisis ini percaya bahwa grafik mencerminkan emosi, pengetahuan, informasi, dan keputusan “pemain” yang ada di pasar. Dengan memahami reaksi banyak pihak, analisis ini diharapkan mampu memanfaatkan reaksi yang ada untuk menghasilkan profit.

Analisis ini percaya bahwa perilaku manusia itu cenderung berulang, karena berulang maka perilakunya bisa diprediksikan. Hal inilah yang menjelaskan bahwa harga saham tidak bergerak secara acak, namun memiliki suatu pola yang bisa diprediksikan.

Analisis teknikal adalah alat analisis investasi yang tertua. Dalam dunia akademik, perannya digeser oleh analisis fundamental (di tahun 1930an) dan teori portofolio (di tahun 1950an). Namun, fakta menunjukkan bahwa kebutuhan pelaku pasar terhadap penggunaan analisis ini tidak pernah surut. Buktinya, provider monitor perdagangan saham (RTI atau IMQ), provider software (Meta Stock atau Meta Trader) dan web-site populer seperti http://finance.yahoo.com menyediakan jasa informasi, dan pengguna harus membayar jumlah uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan data update untuk penggunaan analisis teknis.

Jika nilai yang dibayarkan besar namun hasil yang didapatkan lebih besar, kenapa tidak?

JIka Anda investor/stock trader, bagaimana Anda bisa menentukan waktu yang tepat dalam melakukan pembelian saham? Analisis teknikal adalah jawaban utamanya. Analisis ini digunakan untuk menentukan saat yang tepat Anda sebaiknya membeli atau menjual saham.

Saya percaya, sampai saat ini pun masih banyak trader, investor,bahkan dosen investasi dan analis saham tidak percaya dengan produktivitas analisis ini. Salah satu alasannya adalah materi ini tidak banyak dibahas dalam kurikulum investasi, bahkan banyak buku “mainstream” investasi hanya membahas sedikit dan itupun dibahas secara skeptis. Riset yang dilakukan oleh seorang profesor di USA juga menunjukkan gap of investment knowledge itu, apalagi di Indonesia.

Di tahun ke5 saya sebagai stock trader, ada seseorang memperkenalkan analisis ini kepada saya. Seperti orang kebanyakan, sayapun skeptis terhadap analisis ini. Namun, entah apa sebabnya, saya mulai membuka diri untuk belajar analisis ini.

Artikel penelitian tentang analisis teknikalpun mulai saya pelajari. Fakta menunjukkan bahwa analisis ini powerfull di berbagai negara. Sayapun mulai melakukan simulasi dan riset (non akademik) untuk mengujinya, dan sayapun mulai mendapatkan manfaatnya.

Anda tidak harus percaya dengan saya mengenai “kehebatan” metode ini. Yang perlu Anda lakukan adalah belajar dan mempelajarinya.

Namun, Anda tidak perlu lagi “belajar menemukan roda”, Anda cukup “belajar menggunakan roda”.

Seperti itulah kita bersama mulai belajar analisis teknikal.

 

Dedhy Sulistiawan

10 thoughts on “Technical Analysis: My Point of View

  1. Apa ada sarana konsultasi? atau sarana diskusi rame2…jadi kalo mau investasi dak usah belajar menggunakan roda, tapi pakai roda yang udah jalan…

  2. bagus pak…
    lebih fokus ke teknikal ya
    itu memang niche market yang bagus
    setiap bulan tambahkan 2 smp 3 artikel ya, supaya update selalu, dan infor ke milis2x lainnya
    salam
    en met Natal, dan Tahun Baru..

  3. salam kenal, saya baru belajar TA setahun terakhir, alhamdulillah ada efeknya dibanding sebelum belajar, minimal dalam hal entry and exit point
    thanks

  4. Analisa Teknikal maupun Fundamental hanya memberikan kontribusi paling besar 50% saja dalam menentukan arah

    selebihnya harus dikombinasikan dengan strategy trading yang benar..

    Tanpa Strategy yang benar FA dan TA menjadi mandul

    Tapi terlepas dari semua hal di atas

    Kesuksesan dan kegagalan kita adalah prestasi-Nya

  5. saya sdh belajar fundamental dan teknical itu hanya bisa 30-40%, kalau pas normal, paling besar pengaruhnya adalah Psychology of the market.
    setuju nggak?

  6. musuh terbesar dalam trading adalah diri kita sendiri, betul tidak? kalo trading plan udah matang, eh tahunya kita juga yang tidak disiplin…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s